KAPRODI TEKNIK INDUSTRI UNY RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI DOSEN TERBAIK UNY 2023

Mohammad Adam Jerussalem S.T., S.H., M.T., Ph.D. Kaprodi Teknik Industri Universitas Negeri Yogyakarta meraih penghargaan sebagai dosen terbaik Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2023 Penghargaan ini menjadi cerminan dedikasi tinggi beliau dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di bidang teknik industri melalui Prodi Teknik Industri.

Program Studi Teknik Industri UNY didirikan salah satu inisiatornya adalah Adam Jerusalem pada tahun 2023 menjadi tonggak bersejarah, menggambarkan tekad universitas untuk terus berinovasi dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Teknik Industri hadir dengan dimaksudkan mencetak lulusan yang tidak hanya ahli dalam bidang teknik industri konvensional, tetapi juga mengedepankan kreativitas dan inovasi berbasis kemajuan industri 4.0.

Menyasar teknik industri kreatif, program ini menonjolkan keunggulan dalam pengembangan ide-ide inovatif yang mampu merespons dinamika industri. Adam Jerussalem, sebagai Kaprodi Teknik Industri, turut memimpin perubahan ini dengan menggandeng dosen dan mahasiswa untuk terlibat aktif dalam proyek-proyek riset dan pengembangan yang mengarah pada solusi praktis.

Selain itu beliau juga bekerja keras mendorong setiap dosen dan mahasiswa untuk terus meningkatkan kualitas akreditasi dengan cara mengikuti lomba-lomba, ikut serta kepelatihan, study ke Universitas luar negeri, evaluasi kegiataan belajar-mengajar, dan pembangunan gedung baru yang diperuntukan untuk ruang kelas dan juga laboratorium yang akan menunjang kualitas belajar mengajar.

Meskipun baru berdiri satu tahun, Program Studi Teknik Industri UNY telah mencatatkan prestasi mengesankan dengan meraih 37 penghargaan lomba kemahasiswaan. Keberhasilan ini sebagian besar didorong oleh semangat dan komitmen Adam Jerussalem, yang mendorong mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam wawancara eksklusif, Mohammad Adam Jerussalem menyampaikan visinya untuk masa depan Program Studi Teknik Industri UNY. "Saya ingin Teknik Industri UNY dikenal oleh semua masyarakat. Mahasiswa memiliki peran besar dalam mencapai tujuan ini dengan berpartisipasi aktif dalam organisasi, lomba, dan kegiatan lainnya di luar perkuliahan. Dan nantinya, para alumni mempunyai kontribusi yang signifikan dalam kemajuan bangsa dan negara Indonesia," ungkap beliau.

Beliau juga memotivasi mahasiswa untuk menjadi gambaran tentang jurusan ini dan membangun citra Teknik Industri UNY melalui partisipasi dalam kompetisi-kompetisi ."Kalian sebagai lulusan pertama tidak hanya mengembangkan diri sendiri, tetapi juga membantu membangun nama baik Teknik Industri UNY. Dengan bersama-sama, kita bisa membuat jurusan ini dikenal lebih luas," tambahnya.

Dengan semangat inovasi dan dorongan kuat dari kepemimpinan Adam Jerussalem, Program Studi Teknik Industri UNY semakin meneguhkan diri sebagai salah satu kekuatan pendidikan teknik industri kreatif di Indonesia.