MAHASISWA UNY PRODI TEKNIK INDUSTRI RAIH JUARA I LOMBA INOVASI DIGITAL MAHASISWA (LIDM)

Yogyakarta, 14 Juli 2023 - Tarangga Rizal Ramadhan, mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), meraih Juara I dalam kejuaraan nasional Penalaran kategori Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan. Kejuaraan ini diikuti oleh 467 peserta.

Tarangga Rizal Ramadhan berhasil meraih prestasi gemilang ini sebagai bagian dari tim kolaborasi lintas prodi yang dinamakan Tim Sugeng Riyadi. Tim tersebut terdiri dari kolaborasi prodi Teknik Industri, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Elektronika, dan Pendidikan Luar Biasa. Tarangga Rizal Ramadhan, sebagai ketua tim, berhasil membawa timnya meraih kejuaraan yang diselenggarakan puspresnas .

Menurut Tarangga, pembelajaran yang ditujukan bagi peserta didik dengan hambatan intelektual memerlukan penyesuaian dengan karakteristik, kebutuhan, dan hambatan yang mereka alami, baik dari segi akademik maupun non-akademik. Sebagai contoh, Tarangga menyebutkan permasalahan di mana peserta didik belum mampu buang air secara mandiri, dan hal ini menjadi fokus pengembangan inovasi mereka.

“Kami merancang sebuah media pembelajaran digital yang unik dan sederhana untuk membantu guru mengajarkan keterampilan pembinaan diri kepada anak-anak dengan hambatan intelektual. Media ini dirancang agar mudah dipahami dan digunakan oleh peserta didik dan tenaga pendidik,” kata Tarangga Rizal Ramadhan.

Inovasi ini diharapkan dapat memberikan solusi praktis dalam membantu peserta didik mengatasi hambatan-hambatan yang mereka hadapi. Dengan pendekatan teknologi pembelajaran, diharapkan anak-anak dengan hambatan intelektual dapat lebih mudah memahami dan mengaplikasikan keterampilan yang diajarkan.

Sebagai penerapan multidisiplin ilmu Teknik Industri, yaitu manajemen industri yang dapat mengelola dan mengatur sistem, termasuk koordinasi dari tim hingga mitra sekolah, menjadi landasan dalam keberhasilan proyek inovatif ini. Pengelolaan yang efektif dan koordinasi yang baik di berbagai arah merupakan kontribusi nyata dari ilmu Teknik Industri.

Keberhasilan Tarangga Rizal Ramadhan bersama Tim Sugeng Riyadi di tingkat nasional ini tidak hanya menjadi kebanggaan untuk UNY dan Teknik Industri tetapi juga menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa lain untuk terus berinovasi dalam mendukung dunia pendidikan yang inklusif dan berdaya saing.